Resep Game Lokal Dikenal di Dunia

Banyak faktor yang dapat membuat game lokal dikenal di seluruh dunia. Faktor – faktor tersebut terkait dengan bagaimana kita mendesain game. Mulai dari gameplay yang menarik dan unik, tampilan visual yang menarik, sound effect yang wah, atau level-level yang membuat pemain penasaran.

Namun aspek terpenting dalam membuat game yang ditargetkan untuk sukses secara global ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Bahasa. Pastikan menggunakan bahasa-bahasa yang banyak digunakan di seluruh dunia, misalnya seperti bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau China. Hal ini akan menentukan jumlah orang yang bisa memainkan game kita.

2. Target pemain yang fokus. Walau kita menargetkan sebanyak-banyaknya orang yang memainkan game kita, tapi dengan target pemain yang sangat luas artinya saingan kita juga akan sangat banyak. Namun jika punya target pemain yang spesifik, misalnya pemain card game online, dan kita membuat card game online yang bagus maka pemainnya bisa jadi lebih banyak dibanding kalau kita membuat game yang gameplaynya umum.

3. Promosi yang tepat. Pastikan lakukan promosi, baik membuat press release di berbagai portal berita game, atau di forum-forum gamer. Jangan tunggu game yang kamu buat untuk sukses dan dimainkan banyak orang, karena sebagus apapun game kamu, kalau tidak ada yang tahu game itu ada maka akan sia-sia saja.

sumber
Jika kamu tertarik untuk membuat game untuk target pasar Indonesia, mungkin Hasil Survey Gamer Indonesia yang pernah diadakan oleh Agate Studio bisa memberikan gambaran tentang selera gamer-gamer di Indonesia.

2 komentar:

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar